Rabu, 03 Maret 2021

MAKALAH KREATIFITAS DAN KEINOVASIAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

andiayis.blogspot.com

KREATIFITAS DAN KEINOVASIAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam berwirausaha, menuntut wirausahawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya dalam rangka menyelaraskan kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Memasuki abad 21 sebagian besar “ futurist” menyebutkan bahwa perusahaan semakin lama cenderung semakin bertambah ramping. Itu dimaksudkan agar perusahaan dapat bekerja secara lebih efisien dan fleksibel. Terlebih lagi pada kondisi pasar yang terpilah-pilah menurut Alfin Tofler, pasar masal telah terpecah dan berubah menjadi pasar kecil menuntut berbagai spesialisasi model, warna, jenis produk, ukuran dan sebagainya. Dari situlah tercipta era persaingan bebas.

Olehkarena itu untuk mengantisipasi era persaingan perdagangan bebas tersebut,banyak perusahaan di Indonesia baik yang berskala besar, menengah maupunyang berskala kecil mulai menata ulang strategi persaingannya denganmelakukan kajian terhadap tujuan strategi perusahaan yang didasarkan ataskebutuhan pasar baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, dan juga melakukan evaluasi yang intens (terus menerus secara mendalam) terhadap kompetensi internal perusahaan itu sendiri, termasuk dalam hal ini melakukan penilaian kinerja pemasaran.

B.       RUMUSAN MASALAH

1.         Apa yang dimaksud kreatifitas wirausaha ?

2.         Apa yang dimaksud inovasi wirausaha ?

3.         Bagaimana cara mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam berwirausaha

 

C.      TUJUAN PENULISAN

1.         Mampu memahami kreatifitas dalam wirausaha

2.         Mampu memahami inovasi dalam wirausaha

3.         Mampu mengetahui cara pengembangan kreatifitas dan inovasi dalam berwirausaha

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.      Kreatifitas Wirausaha

Kreatifitas merupakan daya menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.[1] Menurut Sulaiman Sahlan dan Maswan, kreativitas adalah ide atau gagasan dan kemampuan berpikir kreatif.[2]Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan kreatifitas ialah kemampuan untuk mencipta daya cipta. Menurut Zimmer kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).[3]

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.

Sedangkan yang dimaksud dengan wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha. Wirausaha adalah pionir dalam bisnis, inovator, penanggung resiko yang mempunyai penglihatan visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha. Sementara itu menurut Prawirokusumo wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup. Senada dengan  pendapat di atas, menurut Suryana, enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur(elemen-elemen) internal yang meliputi kombinasi motivasi diri,visi,komunikasi, optimisme, dorongan semangat, dan kemampuan untukmemanfaatkan peluang usaha.[4]

Dalam konteks manajemen, peran fungsi kreatifitas dalam proses inovasi merupakan pembangkitan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektivitas dan efisiensi pada suatu sistem. Aspek penting dalam kreativitas adalah proses dan manusia. Proses berorientasi pada tujuan yang di desain untuk mencapai solusi suatu problem. Manusia merupakan sumber daya yang menetukan solusi. Proses tetap sama namun pendekatan yang digunakan dapat bervariasi misalnya, pada suatu problem mereka mengadaptasikan suatu solusi, tetapi pada kesempatan yang berbeda mereka menerapkan solusi inovasi.

Ada 2 sumber kreatifitas diantaranya :

1.      Imajinasi dan ide

Berdasarkan fungsinya, kapasitas mental manusia dapat di kelompokkan menjadi empat bagian, yaitu absortive, retentive,reasoning, creative. Imajinasi yang kreatif merupakan kekuatan yang tidak terbatas, misalnya meskipun seseorang yang hampir tidak pernahkeluar rumah tetapi dengan menggunakan imajinasinya ia dapat melalang buana ke dunia sekitar. Imajinasi jauh lebih penting dari pada ilmu pengetahuan dan kekuatan murni dari pikiran manusia.

2.      Sifat Proses kreatif

Kreatifitas adalah suatu proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Setiap orang Kreatif pada tingkat tertentu. Orang mempunyai kemampuan dan bakat dalam bidang tertentu dapat lebih kreatif dari pada orang lain. Hal yang sama juga dialami oleh orang yang dilatih dan dikembangkan dalam suatu lingkungan yang mendukung pengembangan kreatifitas, mereka diajari untuk berfikir dan bertindak secara kreatif . Bagi pihak lain proses kreatif lebih sukar karena tidak dikembangkan secara positif dan jika mereka inginmenjadi kreatif, mereka harus belajar cara mengimplementasikan proses kreatif.[5]

 

B.       Inovasi Wirausaha

Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).[6]Inovasi merupakan fungsi utama dalam proses kewirausahaan. Peter Drucker mengatakan inovasi memiliki fungsi yang khas bagi wirausahawan. Dengan inovasi wirausahawan menciptakan baik sumberdaya produksi baru maupun pengelolahan sumber daya yang ada dengan peningkatan nilai potensi untukmenciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.[7]

Inovasi adalah sutu proses untuk mengubah kesempatan menjadi ide yang dapat di pasarkan. Inovasi lebih dari sekedar ide yang baik suatu gagasan murni memegang peranan penting, dan fikiran kreatif mengembangkanya menjadi gagasaan berharga. Meskipun demikian terdapat perbedaan yangsignifikan antara sebuah ide yang timbul semata dari spekulasi dan ide yang merupakan hasil pemikiran riset pengalaman dan kerja yang sempurna hal yang lebih penting, Wirausahawan yang prospektif harus mempunyai keberanian untuk memberikan sebuah ide melalui tahapan pengembangan. Dengan demikian inovasi adalah suatu kombinasi visi untuk menciptakan suatu gagasan yang lebih baik dan keteguhan serta dedikasi untuk mempertahankan konsep melalui implementasi.

Proses inovasi di mulai dengan analisis sumberdaya kesempatan yang menjadi obyek. Inovasi beresifat konseptual dan perseptual, dapat di pahami dan dilihat inovator harus maelihat bertanya dan mendengar orang lain dalam mencari inovasi. Mereka berfikir keras dengan segenap kemampuan otaknya, mereka melakukan perhitungan dengan cermat dan mendengarkan pendapat orang lain, serta memperhatikan potensi pengguna inovasi yang di carinya untuk memenuhi harapan nilai dan kebutuhan.Inovasi yang berhasil pada umumnya sederhan dan terfokus dan ditujukan pada aplikasi yang di desain khas, jelas dan cermat. Inovasi lebih banyak melibatkan kerja fisik dari pada pemikiran. Thomas Alfa Edison mengatakan ”jenius merupakan perpaduan yang terdiri dari 1% inspirasi dan 99% kerja keras” lebih dari itu inovator pada umumnya bekerja dalam suatu bidang, edison bekerja dalam hanya dalam bidang listrik dan menemukan inovasi baru yang berupa bola lampu.[8]

Inovasi terdiri dari empat jenis, yaitu : penemuan, pengembangan, duplikasi dan sintesis.

1.      Penemuan.

Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner. Misalnya penemuan pesawat terbang oleh wright bersaudara, telepon oleh alexander graham bell dll.

2.      Pengembangan.

Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda. Misalnya, pengembangan McD oleh Ray Kroc.

3.      Duplikasi.

Peniruan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan. Misalnya, duplikasi perawatan gigi oleh Dentaland.

4.      Sintesis.

Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi baru. Proses ini meliputi engambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru. Misal, sintesis pada arloji oleh Casio.

 

C.      CARA MENGEMBANGKAN KREATIFITAS DAN INOVASI

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas. Berikut ini adalah hal yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pribadi dalam program peningkatan kreatifitas sebagaimana dikemukakan oleh James L.Adams (1986).

1.      Mengenali hubungan

Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan yang baru dan berbeda antar obyek, proses, bahan, teknologi dan orang. Seperti mencampurkan aroma bunga melati dengan air teh kemudian dibotolkan menjadi teh botol yang harum dan segar rasanya.

Untuk membantu meningkatkan kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita yang statis terhadap hubungan orang dan lingkungan yang telah ada. Di sini kita coba melihat mereka dengan cara pandang yang baru dan berbeda. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru dan berbeda dari fenomena tersebut. Hubungan ini nantinya dapat memperlihatkan ide produk dan jasa yang baru. Sebagai contoh kita melakukan latihan dengan melihat hubungan antara kue coklat dan es krim vanili, atlet dan pelatih serta manajer dengan buruh.

2.      Mengembangkan perspektif fungsional.

Jika dikembangkan lebih lanjut, kita dapat melihat adanya suatu perspektif yang fungsional dari benda dan orang.Seorang yang kreatif akan dapat melihat orang lain sebagai alat untuk memenuhi keinginannya dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya sering secara tidak sadar kita menggunakan pisau dapur untuk memasang baut gara-gara palu yang kita cari tidak ditemukan. Cara lain kita harus memulainya dari cara pandang yang non konvenional dan dari perspektif yang berbeda. Sebagai contoh: cobalah sebutkan fungsi lain dari sebuah kursi, buku yang kita pegang dan lain-lain.

3.      Gunakan akal

Penelitian terhadap penggunaan fungsi otak pada bagian yang terpisah antara kiri dan kanan telah dilakukan sejak tahun 1950-an dan tahun 1960-an.

Otak bagian kanan dipakai untuk hal seperti analogi, imajinasi dan lain-lain. Sedangkan otak bagian kiri dipakai untuk kerja seperti analisis, melakukan pendekatan yang rasional terhadap pemecahan masalah dan lain-lain. Meski secara fungsi ia berbeda, tetapi dalam pekerjaannya ia harus saling berhubungan. Proses kreatifitas meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut.

4.      Hapus perasaan ragu-ragu

Banyak kebiaaan mental yang membatasi dan menghambat pemikiran kreatif. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa hanya menggunakan 2-10 persen potensi kreativitas yang dimilikinya. Contoh: banyak orang memiliki kecenderungan membuat penilaian yang cepat terhadap sesuatu orang ataupun ide-ide.

 

D.      Hasil Berfikir Kreatif dan Inovatif

Ada perbedaan antara hasil berfikir kreatif dan hasil berinovatif. Hasil berfikir kreatif adalah dalam bentuk sesuatu yang bersifat imajinasi, abstrak, dan obsesi, seperti gagasan, khayalan, mimpi-mimpi, dan ide-ide.Proses berfikir kreatif disebut kreativitas. Kreativitas merupakan tindakan yang menghasilkan sesuatu, dan merupakan kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya mencakup hal-hal berikut :

1.      Baru (new), cirinya inovatif, belum ada sebelumnya, segar menarik, aneh mengejutkan.

2.      Berguna (usefull), cirinya lebih enak, lebih praktis, lebih mudah, memperlancar, mendorong, mengembangkan, mendidik, memecahkan masalah, mengurangi hambatan, mengatasi kesulitan, mendatangkan hasil yang lebih baik atau lebih banyak.

3.      Dapat dimengerti (understable), cirinya hasil yang sama dapat dimengerti dan dibuat di lain waktu.

Sementara itu, hasil inovatif adalah produk barang dan jasa, metode, proses, dan cara-cara memecahkan masalah yang sifatnya baru, berguna, dan dapat dimengerti.[9]

 

BAB III

PENUTUP

 

A.      Kesimpulan

1.      Pengertian Kreatifitas

Kreatifitasadalahkemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.

2.      Pengertian Inovasi

Inovasi adalah sutu proses untuk mengubah kesempatan menjadi ide yang dapat di pasarkan. Dengan inovasi wirausahawan menciptakan baik sumberdaya produksi baru maupun pengelolahan sumber daya yang ada dengan peningkatan nilai potensi untukmenciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

3.      Cara Mengembangkan Kreatifitas Dan Inovasi

a.       Mengenali hubungan

b.      Mengembangkan perspektif fungsional.

c.       Gunakan akal

d.      Hapus perasaan ragu-ragu

4.      Hasil Berfikir Kreatif dan Inovatif

a.       Hasil berfikir kreatif adalah dalam bentuk sesuatu yang bersifat imajinasi, abstrak, dan obsesi, seperti gagasan, khayalan, mimpi-mimpi, dan ide-ide.

b.      Hasil inovatif adalah produk barang dan jasa, metode, proses, dan cara-cara memecahkan masalah yang sifatnya baru, berguna, dan dapat dimengerti.

 

B.       Penutup

Demikianlah pembahasan makalah ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan pemakalah sendiri. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dalam pembuatan makalah selajutnya agar menjadi lebih baik.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Drucker, Petter F., Innovation And Entrepreneurship, New York: Harper Dan Row, 1985.

Sahlan, Sulaiman dan Maswan, Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia, Bandung: Sinar Baru, 1988.

Shadily, Hassan, Ensiklopedi Indonesia, Jilid 4, Jakarta: Ichtion Van Hoeve, 1987

Suryana, Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Suryana, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

http://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Alva_Edison diakses tanggal 12 Oktober 2016 jam  15:05



[1] Hassan Shadily, Ensiklopedi Indonesia Jilid4, (Jakarta: Ichtion Van Hoeve, 1987), hlm. 29.

[2]Sulaiman Sahlan dan Maswan, Multi Dimensi Sumber Kreatifitas Manusia, (Bandung: Sinar Baru, 1988), hlm.5.

[3]Suryana, Kewirausahaan, (Jakarta: Salemba Empat, 2001), hlm.2.

[4]Ibid., hlm. 5.

[5]Sulaiman Sahlan dan Maswan, Op. Cit., hlm. 11.

[6]Suryana, Op. Cit.,  hlm. 2-3.

[7]Petter F. Drucker, Innovation And Entrepreneurship, (New York: Harper Dan Row, 1985), hlm. 20.

[8]http://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Alva_Edison diakses tanggal 12 Oktober 2016 jam  15:05

 

[9]Suryana, Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses, (Jakarta: SalembaEmpat, 2014), hlm. 76.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar